Sabtu, 11 Mei 2013

Tugas Pengantar Teknologi Game ke 2



1. Apa yang dimaksud dengan shading ?

2.  Apa yang dimaksud dengan
     a. Ambient
     b. Specular
     c. Diffuse

3. Mapping berkaitan dengan objek materrial
   a. Apa yang dimaksud dengan mapping ?
   b. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis mapping !

4. a. Rancanglah game sangat-sangat sederhana !
   b. Buatlah skenario game tersebut !
   c. Buatlah 1 objek yang ada pada game tersebut !

jawab

1. shading merupakan sebuah teknik pencahayaan yang menghasilkan bayangan pada objek yang diberikan 
    efek cahaya

2. - Ambient
Walaupun sebuah benda tidak terkena cahaya secara langsung, benda tersebut masih dapat terlihat. Hal ini terjadi karena adanya cahaya yang dipantulkan secara tidak langsung oleh benda di sekitarnya. Model  pencahayan sederhana ini disebut cahaya ambient.

- Specular
Pada benda berkilau, terdapat sebidang daerah yang terang pada permukaan benda yang letaknya tergantung dari sudut pandang terhadap benda. Efek cahaya ini disebut pencahayaan specular.

- Diffuse
Saat sebuah benda matt dikenai cahaya, maka intensitas cahaya akan dipantulkan rata ke semua arah. Inilah yang disebut cahaya diffuse.

3. a. Mapping ialah sebuah bentuk kegiatan untuk melakukan pewarnaan atau memetakan permukaan 
        geometri pada objek 3D.

    b. - Tekstur-Maps
Maps berwujud gambar tekstur 2D yang dituangkan ke permukaan geometri/objek untuk membuat penampilan objek tersebut tampak halus untuk detail permukaannya.
        - Environment-Maps
Adalah Maps yang memiliki pewarnaan dengan banyak gambar (tekstur) yang merekam refleksi global dan pencahayaan pada objek.
        - Bump-Maps
Bump maps adalah maps yang memfokuskan permukaan tekstur pada objek, dengan menggunakan  maps ini, permukaan geometri/objek akan terlihat berbeda dan unik, tidak seperti objek-objek yang   memiliki permukaan normal pada umumnya.
        - Normal-Maps
Maps ini serupa dengan bump-maps, perbedaannya adalah fungsionalitas yang ada pada normal maps, maps ini secara alami akan menghasilkan bentuk permukaan yang tidak halus tanpa menggunakan lebih banyak penambahan atau pengurangan poligon pada objek.
        - Shadow-Maps
Yang terakhir adalah shadow maps yaitu maps yang menghasilkan suatu bayangan tekstur pada objek dengan menangkap siluet objek tersebut dari sumber cahaya yang terlihat.


4. a. Rancangan game sederhana :
Saya mencoba untuk membuat sebuah game sederhana menggunakan aplikasi unity. Saya akan menggunakan beberapa objek sebagai pendukung penampilan game dan sebuah character sebagai wakil user dalam memainkan game tersebut. Berikut sebagian tampilannya :
   b. Skenario game :
Dalam akan dibuat, aka nada sebuah character atau subjek yang akan menjalankan perintah – perintah yang akan digunakan user untuk mengupayakan agar game tersebut berhasil dimenangkannya. Dalam game tersebut character atau user akan melewati berbagai macam rintangan untuk mengumpulkan koin – koin sampai batas minimum yang telah ditentukan, apabila tidak sampai batas minimum tersebut, maka dinyatakan kalah. Jika menang akan berlanjut ke game berikutnya dengan rintangan yang baru. Rintangan – rintangannya antara lain berupa api, boks – boks yang tidak bias dilewati dan semak yang banyak.
   c. 1 objek yang ada pada game tersebut adalah menara atau tower, berikut hasil tampilan renderingnya :


Sumber :

Tabel Kinerja
   
    NPM             NAMA                            Kinerja
52410242    Edith Pradipta N               Mengerjakan tugas secara berkelompok dengan mencari di internet
50408275    Dian Indrawati                  Mengerjakan
tugas secara berkelompok dengan mencari di internet 
54410788    Muhammad Rian Arifin     Mengerjakan tugas secara berkelompok dengan mencari di internet