MULTIMEDIA KREATIF PRODUCTION
A. Executive Summary
“Hidup semakin mudah dan cepat
sekali berubah”, itulah mungkin yang saat ini sering diutarakan masyarakat
kita, masyarakat yang sedang menuju kepada perubahan sosial ilmu pengetahuan.
Inikah dampak dari globalisasi ?. Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi
informasi dan komunikasi yang semakin cepat menumbuhkan sebuah pola pikir baru
di masyarakat kita saat ini yang semakin konsumtif dan serba instant, kemudahan
mendapatkan segala bentuk informasi, ketiadaan hambatan jarak dan waktu, dan
kenyamanan akses sumber tersebut menjadi alasan utama yang mendasari akan
adanya sebuah peluang bisnis yang menghasilkan.
Menjamurnya penggunaan internet,
teknologi informasi dan berbagai media digital di berbagai bidang, baik
instansi pendidikan, perusahaan-perusahaan dan pelatihan maupun kalangan
masyarakat sudah tidak dapat diragukan lagi. Akan tetapi, ketika masyarakat
sudah terlanjur mengadopsi perkembangan itu pernahkah berpikir untuk mengelola
serta menggunakannya sesuai dengan kaidah dan etika berteknologi ?.
Teknologi Informasi dan
Elektronika telah menghasilkan sebuah industri baru yang disebut industri
Teknologi Informasi dan Elektronika (untuk selanjutnya disingkat menjadi TIE).
Industri TIE ini memiliki potensi pangsa pasar yang sangat besar dan bahkan menciptakan
pola bisnis baru (new business models). Bahkan muncul istilah baru seperti “new
economy”, “network economy”, “digital economy”, dan “x-economy”.
Multimedia Kreatif Production,
melihat sebuah peluang bisnis dari hal tersebut kemudian memutuskan memproduksi
bermacam-macam media dan teknologi software tools yang dapat digunakan untuk
kebutuhan yang sesuai dengan keinginan penggunanya dalam artian sesuai dengan
pesanan pasar. Jenis-jenis media yang diproduksi antara lain ; CD multimedia
interaktif, media cetak, media suara, media visual-audio serta software tools
komputer serta training multimedia.
Untuk menyiasati bisnis baru ini
agar dapat berkembang lebih besar lagi diperlukan sebuah cara, yaitu :
1. Desain media yang mudah
digunakan.
2. Produksi sesuai dengan pesanan
pengguna.
3. Tenaga ahli yang profesional.
4. Adanya sertifikasi media.
B. Gambaran Umum Bisnis
Visi :
Memberikan layanan dalam
perancangan, pembuatan, produksi dalam bidang media teknologi informasi.
Misi :
Memberikan layanan training
interaktif yang dapat menjadi sarana pencerahan dalam penggunaan teknologi
informasi khususnya software tools yang akan membantu penggunanya dalam
meningkatkan pemanfaatan teknologi.
Segment Pasar :
Segmen pasar yang dibidik adalah
:
* Pelajar, mahasiswa, baik dari
perguruan tinggi maupun instansi pendidikan lainnya, yang membutuhkan
pencerahan wawasan teknologi informasi mengenai software tools tertentu yang
akan membantu meningkatkan kualitas kemampuan akademiknya.
* Perusahaan-perusahaan yang
sedang membutuhkan software tools, dan training untuk meningkatkan
produktivitas kerja karyawan.
* Umum.
Profit Bisnis :
Profit yang di dapat bisnis ini
berasal dari pesanan pembuatan software tools, produk media dan pendaftaran
pelatihan/training.
Deferensiasi Bisnis Bidang-Bidang
Berbagai bisnis seperti ini
mungkin sudah mulai berkembang di Indonesia saat ini, tapi yang membedakan
bisnis ini dengan bisnis lain yaitu, adanya sebuah inovasi dalam proses
pembuatan media yang menerapkan prinsip “up to costumer”, sehingga kami secara
tidak langsung menjadi konsultan media sekaligus pembuat media. Dan kemudian
setelah media tersebut jadi, dapat disertifikasi sesuai dengan pesanan.
* Bidang produksi media.
* Bidang training.
Sumber Daya Manusia yang kami
miliki :
* Media Profesional : 2 orang ;
* Konsultan Media : 1 orang ;
* Media Specialist : 3 orang ;
* Programer dan Instruktur Ahli :
5 orang ;
* Tim Teknisi : 2 orang ;
* Akuntan : 1 orang ;
* Cleaning Service : 2 orang ;
Jumlah SDM : 16 orang
C. Potensi Bisnis
Kondisi Pasar Bisnis
Pertumbuhan bisnis produksi media
dan training media semakin hari semakin ketat, hal ini menjadi suatu tantangan
dan sekaligus peluang bisnis bagi kami. Permintaan pasar yang besar terhadap
penggunaan media Teknologi dan Informasi membawa perubahan sebuah pola pikir di
masyarakat kita saat ini yang semakin hidup konsumtif dan serba instant. Dan
merubah aspek kehidupan yang tadinya tradisional menjadi digital. Hal ini dapat
di lihat langsung misalnya; terus berkembangannya teknologi bagi pendidikan,
perubahan di perusahaan dalam hal pelatihan yang menggunakan media digital
sebagai salah satu sarana Diklat di perusahaan tersebut.
Penjelasan di atas menjadi sebuah
peluang bisnis dalam hal memfasilitasi dalam pembuatan produk media.
Persaingan Saat Ini
Melihat ketatnya persaingan dalam
bisnis ini, mungkin yang perlu di waspadai adalah harusnya adanya “long
commitment” “pelayanan yang memuaskan” dalam upaya terus mengembangkan ide dan
pengembangan tenaga ahli yang berkompeten.
D. Rencana Bisnis
Target Bisnis :
* Membuat software tools sesuai dengan
permintaan konsumen.
* Membantu memfasilitasi konsumen
(instansi) dalam membuat media bagi pelatihan ataupun bagi kepentingan lainnya.
* Memberikan pelatihan mengenai
penggunaan software tools yang dapat di aplikasikan dalam meja kerja.
* Menjadikan perusahaan ini
sebagai pusat produksi dan pelatihan multimedia, dengan jaringan yang luas.
Kegiatan Usaha
* Produksi media dan software
program dengan menjadikan sebuah prototipe atau contoh produk.
* Membuat rancangan desain
produksi.
* Menyiapkan berbagai bentuk
kebutuhan yang akan digunakan dalam pelatihan.
* Pengembangan dan penelitian
produk media.
Strategi Bisnis :
* Tahap awal membuka bisnis ini
dengan membuka jaringan kerjasama yang luas dengan lembaga-lembaga serupa baik
dari pemerintah maupun swasta.
* Memberikan promosi bagi
perusahaan atau instansi-instansi yang terkait dengan kegiatan perusahaan kami.
* Adanya tenaga ahli yang
professional.
* Menjalin kerjasama dengan
pengelola bisnis professional di bidang teknologi informasi seperti ; IPKIN
(Ikatan Profesi Komputer dan Informatika Indonesia), APJII (Asosiasi
Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), dan berbagai vendor di bidang TIE.
* Pelayanan yang nyaman serta
terpadu dengan mengoptimalkan kualitas produk dan ditunjang oleh komitmen dalam
masalah waktu yang sesuai dengan perjanjian.
* Promosi bisnis yang terus
berkembang dengan membuka website yang dapat memfasilitasi konsumen untuk
mendapatkan segala informasi tentang perusahaan ini.
Resiko :
* Resiko terbesar adalah dana
awal (modal) yang besar, hal itu terlihat pada proses pemilihan karyawan yang
memiliki kemampuan yang bisa dibilang advance sehingga gajinya juga lumayan
besar.
* Menjamurnya perusahaan yang
sama dan berkembangnya ilmu pengetahuan di dalam masyarakat menjadikan mereka
dapat membuat media sendiri dengan mudah.
* Perubahan teknologi yang
semakin cepat sehingga para karyawan perusahaan perlu mengup-grade kemampuan
diri
Antisipasi Resiko
* Kerjasama dengan tawaran yang
menarik.
* Memperluas kerjasama.
* Mencari tenaga ahli alternatif
dengan gaji sesuai.
Tawaran Investasi dan Kerjasama
Sistem Kerjasama
* Sponsorship:
Penawaran Kerjasama
Kami Pihak Management Perusahaan
“MULTIMEDIA MANAGEMENT PRODUCTION” bermaksud menawarkan kerjasama kepada
Instansi Pemerintah/Lembaga/Perusahaan yang Bapak/Ibu kelola dengan ketentuan
sebagai berikut:
1. Sponsor Tunggal
Instansi
Pemerintah/Lembaga/Perusahaan Anda adalah satu-satunya mitra kerja dalam
penyelenggaraan kegiatan Kami.
Maka Kami telah menyediakan
kontraprestasi sebagai wadah promosi Instansi Pemerintah/Lembaga/Perusahaan
Anda. Maka sebagai sponsor tunggal, Kami percayakan kepada Instansi
Pemerintah/Lembaga/Perusahaan Anda sebesar 25%.
2. Sponsor Utama
Kompensasi sebesar 10%.
3. Sponsor Pendamping
Kompensasi 5%.
* Investasi modal :
Mencari para investor yang ingin
menanamkan modal di perusahaan ini dengan memperoleh bagi hasil kompensasi laba
di akhir periode tutup buku per akhir bulan atau per akhir tahun.
Data Finansial
Rancangan anggaran dana awal
(modal) : Rp. 60.000.000,00
Pinjaman : Rp. 60.000.000,00
Rp. 120.000.000,00
Infrastruktur
- Tanah 300 m2; : Rp.
30.000.000,00
- Komputer 10 buah; : Rp.
40.000.000,00
- Studio audio-visual; : Rp.
10.000.000,00
- Kamera, dll. : Rp.
10.000.000,00
Rp. 90.000.000,00
Biaya operasional awal
- Promosi Perusahaan : Rp.
14.000.000,00
- Gaji Karyawan : Rp.
16.000.000,00
Rp. 30.000.000,00
Sisa Rp. 0,00
Penutup
Dalam membangun dan mengelola
bisnis ini diperlukan sebuah SDM (sumber daya manusia) yang kompeten dan
berkualitas sehingga dapat memberi pelayanan yang sesuai kepada pihak konsumen.
Anggota Kelompok :
Absen
11 Bobby Rahmantoro [ 51410428 ]
12 Chairul Amri [ 51410540 ]
13 Debi Candrakirana [ 51410729
]
14 Dewi Yulia Ningsih [ 51410916
]
15 Dwinita Puspitasari [
52410222 ]
16 Edith Pradipta [ 52410242 ]
17 Fariz Adnan [ 52410624 ]
18 Hanif Farhan Zain [53410116 ]
19 Hasan [ 53410116 ]