Kamis, 18 April 2013

Tugas Pengantar Teknologi Game ke 1 BAGIAN 1



Scan Conversion
Scan Conversion merupakan metoda untuk memetakan titik ke dalam suatu pixel. Scan Conversion dapat dilakukan terhadap Line (garis), polygon, ataupun garis lengkung (kurva).

Tugas :
1.        Sebutkan algoritma untuk menggambar garis!
2.        Berikan satu (1) algoritma untuk menggambar garis!
3.        Yang harus diperhatikan dalam menggambar garis:
Ø  Ketebalan garis (thickness) dan
Ø  Bentuk tepi garis (ends): Butt, Round, dan Square.
Berikan contoh gambar garis dengan bentuk tepi Butt, Round, dan Square!
4.        Penggabungan garis (Joining): Ugly, Bevel, Round, Miter.
Berikan contoh gambar penggabungan dua garis dengan tipe Ugly, Bevel, Round, dan Miter.

Transformations

Transformation adalah suatu metoda untuk mengubah lokasi titik. Operasi-Operasi Primitive pada Transformations terbagi menjadi:


Ø  Scale,
Ø  Rotate,
Ø  Shear,
Ø  Flip,
Ø  Translate



Tugas :
5.        Berikan contoh:
a. Satu gambar objek.
b. Hasil transformasi objek tersebut yang ditransformasikan dengan Scale, Rotate, Shear, Flip, Translate, dan Rotasi
6.    Apakah perbedaan antara Linear Transformation dan Non-Linear Transformation?
7.    Berikan contoh Linear Transformation dan Non-Linear Transformation dari Operasi-Operasi Primitive transformation!
8.    Apakah perbedaan antara Geometric Transformation dan Color Space Transformation?
9.    Apakah yang dimaksud dengan Koordinat Homogen (Homogeneous Coordiantes)?


PROYEKSI
Proyeksi merupakan salah satu jenis transformasi, yaitu transformasi koordinat. Proyeksi pada bidang datar (planar) dilakukan melalui sinar proyeksi yang muncul dari titik pusat proyeksi melewati setiap titik dari benda dan memotong bidang proyeksi (projection plane) untuk mendapatkan benda hasil proyeksi. Proyeksi Planar (Planar Geometric Projections) dibedakan menjadi:
1.    Proyeksi Paralel.
Berdasarkan hubungan antara arah proyeksi dengan vektor normal dari bidang proyeksi, proyeksi paralel dibedakan menjadi:
1.  Orthographic à Proyeksi orthographic ada yang disebut proyeksi axonometric. Proyeksi Axonometric dibedakan menjadi proyeksi:
Ø isometric,
Ø dimetric, dan
Ø trimetric.
2. Oblique.

2.    Proyeksi Perspektif.

Perbedaan antara proyeksi parallel & perspektif adalah: pada proyeksi parallel jarak antara titik pusat proyeksi ke bidang proyeksi tidak terhingga, sementara para proyeksi perspektif jarak antara titik pusat proyeksi ke bidang proyeksi bersifat infinite (tertentu).


Tugas :
10.    Berikan penjelasan mengenai Proyeksi Orthographic?
11.    Berikan penjelasan mengenai Proyeksi Perspective?
12.    Berikan contoh gambar dua proyeksi tersebut!
13.    Buatlah tabel perbandingan diantara dua proyeksi tersebut!

JAWABAN

    1.      Algoritma garis Digital Diferensial Analyser (DDA), Algoritma garis Bresenham, Algoritma garis C++

    2.       ALGORITMA GARIS BRESENHAM
        dikembangkan oleh Bresenham
     berdasarkan selisih antara garis yang diinginkan terhadap setengah ukuran dari pixel yang sedang digunakan.

     Bresenham pada tahun 1965, melakukan perbaikan dari algoritma perhitungan koordinat piksel yang menggunakan persamaan (1), dengan cara menggantikan operasi bilangan rii perkalian dengan operasi penjumlahan, yang kemudian dikenal dengan Algoritma Bresenham. Pada algoritma bresenham, nilai y kedua dan seterusnya, dihitung dari nilai y sebelumnya, sehingga hanya titik y pertama yang perlu dilakukan operasi secara lengkap. Perbaikan algoritma ini ternyata tidak menghasilkan perbaikan yang cukup siginifikan. Perbaikan berikutnya dilakukan dengan cara menghilangkan operasi bilangan riel dengan operasi bilangan integer. Operasi bilangan integer jauh lebih cepat dibandingkan dengan operasi bilangan riel, terutama pada penambahan dan pengurangan.

     untuk menentukan jumlah pixel yang membuat suatu garis menggunakan algoritma bresenhem adalah sebagai berikut :

-          Masukan 2 endpoints, simpan endpoints kiri sebagai (x0, y0) dan kanan (x1,y1)
-          Hitung konstanta Δx, Δy, 2Δy, 2Dx,2Δy–2Δx dan nilai awal parameter keputusan p0= 2Δy –Δx
-          Pada setiap xk di garis, dimulai dari k=0, ujilah : Jika pk 0 maka plot (xk+1, yk+1) dan pk= pk+ 2Δy -2Δx
-          Ulangi tahap 4 sampai mencapai x,y yang di tuju.

     3.    Berdasarkan tebalnya ada dua macam yaitu garis tebal dan garis tipis dengan perbandingan 1 : 0.5. Pada umumnya tebal untuk garis tebal adalah 0.5 mm atau 0.7 mm. Dengan jarak minimum antara garis sejajar ( termasuk garis arsiran ), tidak boleh kurang dari tiga kali tebal garis yang paling tebal.
       

Type butt, round, dan square
Tipe garis round merupakan tipe garis yang mebentuk sebuah setengah lingkaran kearah luar pada bagian ujung garis
Type square
Tipe garis square merupakan tipe garis yang membentuk sebuah persegi pada bagian ujung garis
Type butt
Tipe garis butt merupakan tipe garis yang membentuk sebuah setengah lingkaran kearah dalam pada bagian ujung garis

     4.       Penggabungan garis Ugly, Bevel, Round, Miter
    
-          Ugly Join

Penggabungan dua buah garis yang memilik sudut lebih kedalam.

-          Bevel

Penggabungan dua buah garis yang memiliki sudut lebih menonjol.

-          Round
Penggabungan dua buah garis yang memiliki sudut lebih melingkar.
-          Miter
Penggabungan dua buah garis yang memiliki sudut lancip.
      5.      Berikan contoh:
a. Satu gambar objek.

 b. Hasil transformasi objek tersebut yang ditransformasikan dengan Scale, Rotate, Shear, Flip, Translate, dan Rotasi

- Scale
Adalah skala pengali sama untuk semua komponen

- Rotate/Rotasi
            Rotasi terhadap titik (0,0) sebanyak 450
  
- Shear
Shear terhadap Sumbu Y

- Flip
Flip terhadap garis X

-Translate
(tx,ty) disebut vector Translasi

     6.    Apakah perbedaan antara Linear Transformation dan Non-Linear Transformation?

Model linier menunjukkan hubungan antara dua variabel mengikuti garis lurus. Sedangkan non linier mengikuti garis yang tidak lurus, misalnya kuadratik (garisnya melengkung ke atas lalu turun ke bawah).

   




Sumber :


Tabel Kinerja

NPM
NAMA
Kinerja
52410242
Edith Pradipta N
Mengerjakan soal 1-4
50408275
Dian Indrawati
Mengerjakan soal 5-9
54410788
Muhammad Rian Arifin
Mengerjakan soal 10-13
 

Tugas Pengantar Teknologi Game ke 1 BAGIAN 1
Tugas Pengantar Teknologi Game ke 1 BAGIAN 2







Tidak ada komentar:

Posting Komentar