Jumat, 05 Oktober 2012

Pengembangan Sistem Informasi

          Tugas yang saya buat kali ini dari mata kuliah sistem informasi, yaitu menceritakan tentang pengembangan sebuah sistem informasi yang pernah saya lakukan. Nah, yang saya pernah lakukan dengan pengembangan sebuah sistem informasi yaitu e-commerce. E-commerce adalah suatu cara berbisnis untuk menjual barang atau jasa dengan media elektronik yang menggunakan koneksi internet antara si penjual dengan si pembeli. Disini saya ingin menjual handphone bekas ke toko-toko handphone di mal daerah depok. Kemudian pada saat tawar menawar harga jualnya dengan si pegawai toko, ternyata harga jual handphone saya tidak sesuai apa yang saya harapkan.

                Akhirnya saya membuka lapak jualan di forum jual beli Kaskus. Nah disini saya selalu terkoneksi internet untuk berinteraksi dengan si calon pembeli. Setelah tawar menawar dengan beberapa calon pmbeli akhirnya saya mendapatan harga yang saya harapkan. Kemudian si pembeli mentransfer uangnya ke rekening atm saya. Lalu uangnya pun sudah masuk ke rekening atm saya dan si pembeli pun memberikan nama dan alamatnya kepada saya. Setelah itu saya mengirimkan barangnya kepada si pembeli dengan jasa pengiriman barang.

               E-commerce memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan e-commerce pertama yaitu kita dapat menentukan harga yang kita harapkan. Kedua yaitu kita bisa menghemat tenaga karena kita hanya tinggal menunggu si calon pembeli dan si pembeli hanya tinggal menunggu barangnya sampai ditempat tujuan. Ketiga barang yang sulit dicari mudah ditemukan dengan e-commerce. Lalu kekurangan dari e-commerce yaitu pertama terjadinya penipuan. Kedua yaitu bentuk barang yang kita inginkan kurang jelas apakah barang itu ada cacatnya ataupun barang itu sudah pernah dipakai.  

1 komentar: