Jumat, 21 Juni 2013

Tugas Pengantar Teknologi Game ke 3



INTERACTIVE SYSTEM


       Pada kali ini tugas Pengantar Teknologi Game yang ketiga yaitu yang pertama menjelaskan tentang konsep dari Interactive Entertainment. Konsep dari Interactive Entertainment merupakan konsep dengan proses yang didukung dengan media interactive sehingga seluruh aktifitas didalamnya lebih mudah dalam menyerap segudang perkembangan teknologi yang terus berkembang sangat cepat.


Yang kedua akan menjelaskan peran user dan program agar terbentuk komunikasi yang mudah dipahami user. Peranan dari user yaitu bisa memahami dengan baik dari sebuah program yang dibuat dan peran dari program yaitu membuat sebuah program yang mudah dipahami untuk digunakan para user agar menjadikan sebuah komunikasi yang baik antara user dan program yang dibuat tersebut.

Yang ketiga menjelaskan fungsi dari GUI. Dari pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :

(1).  Pointing device dengan perangkat berupa mouse.

(2). Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi).

(3). Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain.

(4). Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis.

(5). Pembuatan website.

(6). Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
 


Yang keempat menjelaskan komponen-komponen GUI.




Yang kelima menjelaskan tentang macam-macam event untuk komponen-komponen pada GUI.  Event Object merupakan object yang mendiskripsikan sebuah event yang di-trigger oleh event source. Event Handler merupakan method yang menerima event object dan melakukan respond yang sesuai dengan event object tersebut. Event Listener merupakan interface yang akan meng-handle event yang terjadi. setiap type event mempunyai interface yang bersesuaian. Listener tersebut harus diimplementasikan oleh class yang akan meng-handle event. Event Source merupakan pembangkit / trigger sebuah event objects.  Event model adalah model yang digunakan Java untuk menangani interaksi antara user dan komponen GUI.


Yang keenam yaitu menjelaskan tentang event dalam konsep struktur interactive program. Pemrograman interaktif adalah prosedur penulisan bagian dari sebuah program ketika sudah aktif. Jadi event dalam konsep struktur interactive program yaitu event yang terjadi ketika sebuah program yang sudah aktif.
 


Sumber : 
http://bismainformatika.com/
http://momotarokun.wordpress.com/2009/10/06/pemahaman-java-gui-graphical-user-interface/ 
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/sri-andayani-ssi-mkom/pembuatan-gui-dengan-matlab.pdf 
http://7seasons.wordpress.com/2010/10/30/event-handling-gui-pada-java/
http://noorhayatin.staff.umm.ac.id/ 
http://en.wikipedia.org/wiki/Interactive_programming


Tabel Kinerja
   
    NPM             NAMA                            Kinerja
52410242    Edith Pradipta N               Mengerjakan tugas secara berkelompok dengan mencari di internet
50408275    Dian Indrawati                  Mengerjakan
tugas secara berkelompok dengan mencari di internet 
54410788    Muhammad Rian Arifin     Mengerjakan tugas secara berkelompok dengan mencari di internet



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar